MASANEGA DEKLARASIKAN SEBAGAI MADRASAH RAMAH ANAK

Kamis, 14 November 2019 - 07:38 WIB
Diposting oleh: Administrator 01

MasanegaOfficial - Gondanglegi. Kamis, 7 November 2019. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak menggagas untuk sekolah/madrasah mengadakan Belajar Sehari di Luar Kelas. Hal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak bahwasannya madrasah/sekolah merupakan rumah kedua bagi mereka, yang nyaman untuk mereka belajar.

Budaya MTsN 1 Malang sebenarnya telah mencerminkan bahwa MASANEGA merupakan madrasah ramah anak. Hal ini dapat dilihat sejak pagi yaitu budaya salam di pintu gerbang oleh bapak Ibu guru dan banyak lainnya.

Dimulai dengan apel pembukaan oleh kepala madrasah, H. Nasrulloh. Dalam sambutannya beliau menjelaskan pentingnya peran orangtua dalam meraih kesuksesan putra putrinya. Akan tetapi juga harus didukung oleh kemauan diri tanpa rasa lelah.

Acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanza, simulasi evakuasi bencana, yel-yel madrasah ramah anak, deklarasi madrasah ramah anak, senam Germas, permainan tradisional, sarapan bersama, belajar di luar kelas, dan banyak lainnya.

video bisa klik di https://www.youtube.com/watch?v=x5HslZDOeDE

Para siswa dan guru terlihat menikmati kebersamaan ini. Kepala madrasah juga turut membaur diantara siswa dengan ikut sarapan bersama dengan menu sehat.

"Kalau bisa kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan seminggu sekali atau kalo enggak sebulan sekali. Karena di samping menyenangkan juga kita bisa mendapatkan suasana baru di sekolah." tutur Argya siswi kelas 8.

Tentunya apa yang dikatakan Argya akan diamini oleh seluruh warga MTsN 1 Malang karena memberikan dampak yang positif. Bukan lagi menjadi program tahunan dari pemerintah, tapi juga menjadi agenda rutin madrasah yang berkelanjutan.