SISWA MASANEGA BELAJAR SEHARI PENUH DI KOTA PARA WALI

Senin, 16 Desember 2019 - 00:45 WIB
Diposting oleh: Administrator 01

MasanegaOfficial - Gondanglegi. Jumat, 13 Desember 2019. Karya wisata merupakan salah satu bentuk pembelajaran yang dilakukan guna menambah wawasan, pengalaman, dan pengamalan peserta didik dalam menerapkan materi pembelajaran dalam kelas. Dalam kalender pendidikan MTsN 1 Malang diagendakan dua kegiatan outing class, yaitu Wisata Religi dan Studi Kenal Alam Lingkungan (SKAL).

Tahun ini kegiatan wisata religi diadakan pada semester ganjil setelah pelaksanaan Penialian Akhir Semester sehari sebelumnya. Di tahun-tahun sebelumnya kegiatan ini dilaksanakan di semester genap menjelang ujian-ujian kelas 9 (biasanya bulan Maret). Tepatnya Rabu kemarin (11/12) Wisata Religi telah dilaksanakan oleh siswa siswi kelas 7 dengan didampingi oleh guru dari rumpun Agama.

Dengan 6 armada bis peserta wisata religi berangkat pukul 6 pagi dari MTsN 1 Malang. Total keseluruhan peserta 340 peserta terdiri dari 323 peserta didik dan 17 guru. Destinasi karya wisata religi kali ini ada empat, yaitu makam Sunan Drajat (Lamongan), Syekh Ibrahim Asmorokondi (Tuban), Sunan Bonang (Tuban), dan Sunan Ampel (Surabaya).

Tujuan pertama adalah makam Sunan Drajat. Rombongan tiba sekitar pukul 10.30 dengan cuaca yang terbilang panas jauh berbeda dengan kondisi Gondanglegi (kabupaten Malang). Dilanjutkan ke Wisata Bahari Lamongan (WBL) yang merupakan "magnet" bagi peserta pada tiap tahunnya. Disini peserta didik mendapatkan "jatah" waktu yang lumayan panjang sekitar 3 jam lebih. Keluar dari WBL sekitar pukul 15.30 yang dilanjutkan dengan salat Jamak Qashar Duhur dan Ashar.

Perjalanan berlanjut ke makam ayah Sunan Ampel (Syekh Ibrahim Asmorokondi). Menjelang Maghrib dilanjutkan ke kota Tuban. Peserta langsung diarahkan ke masjid kota Tuban untuk melaksanakan salat Maghrib dan Isyak dengan dijamak. Setelah itu dilanjutkan ziarah ke makam Sunan Bonang. Tujuan terakhir adalah makam Sunan Ampel di Surabaya kurang lebih 3 jam perjalanan dari Tuban. Sekitar pukul 10.45 rombongan tiba di tujuan.

Berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, kegiatan wisata religi tahun ini terbilang cukup baik dan lancar. Hal ini dapat dilihat dari efektivitas waktu yang telah disusun sesuai, malahan lebih bisa dikondisikan. Dari pesertapun sangat kooperatif dalam setiap perjalanan, baik saat di tempat tujuan ataupun saat akan berangkat menuju ke tujuan selanjutnya.

Harapan untuk kegiatan selanjutnya tentunya lebih baik, baik untuk pelaksanaan maupun manfaat bagi peserta didik.