KEPALA KANKEMENAG BUKA MATSAMA DI MASANEGA

Senin, 13 Juli 2020 - 14:10 WIB
Diposting oleh: Administrator

MasanegaOfficial - Gondanglegi. Senin, 13 Juli 2020. Suasana berbeda di hari pertama tahun pelajaran 2020/2021 di MTsN 1 Malang. Pemandangan yang di tiap tahunnya dihiasi berbagai ekspresi siswa baru tak tampak nyata sekarang. Mereka diharuskan "masuk" sekolah dan belajar dari rumah. Sungguh ironis memang, tapi ini akan menjadi pembelajaran yang berharga di masa Pandemi COVID 19 saat ini.

     Terasa sangat spesial pembukaan MATSAMA di MTsN 1 Malang tahun ini. Di samping akan menjadi sejarah karena di masa Pandemi COVID, kegiatan ini dihadiri langsung oleh bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang, Dr. H. Mustain, MAg.

     Kegiatan pembukaan MATSAMA diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hyme Madrasah, dan Mars Madrasah. Dilanjutkan dengan laporan kepala Madrasah, Drs. H. Nasrulloh, M. Pd.I. Beliau menyampaikan kegiatan MATSAMA di MTsN 1 Malang pada tiap tahunnya diikuti oleh seluruh siswa, baik kelas 7,8 maupun kelas 9. Kegiatan diisi berbagai materi diantaranya, sejarah madrasah di Indonesia, tata tertib madrasah, Islam moderat, model belajar, wawasan wiyata, dan lain-lain. Dan materi-materi tersebut dapat diakses oleh peserta melaui kanal Youtube MTsN 1 Malang dan grup komunikasi yang telah dipersiapkan sebelumnya. Dan pada tahun ini MATSAMA bertemakan Langitkan Mimpi, Bumikan Aksi, Jiwai Akhlakul Karimah.

     Acara dilanjutkan dengan sambutan Kepala Kankemenag. Dalam sambutannya beliau mengucapkan selamat kepada siswa kelas 7 baru yang sudah diterima menjadi bagian dari madrasah terbaik di kabupaten Malang, yaitu MTsN 1 Malang. Walaupun secara fisik belum masuk ke madrasah ini, tetapi patut bersyukur.

     Beliau juga berpesan kepada seluruh peserta didik mulai hari ini bukan liburan lagi. Yakinkan diri dengan niatan yang tulus untuk mengikuti kegiatan belajar yang telah dipersiapkan oleh para guru melalui metode pembelajaran model daring sampai COVID 19 hilang.

     Bapak Kepala Kankemenag Kab. Maoang kemudian mengalungkan tanda peserta kepada perwakilan peserta sebagai tanda dimulainya MATSAMA di MTsN 1 Malang.

     Semoga dengan kegiatan MATSAMA ini diharapkan peserta didik mampu cepat beradaptasi dengan lingkungan madrasah. Untuk kelas 7 baru agar cepat menyesuaikan cara belajar dan kebiasaan di jenjang sekolah menengah. Bagi kelas 8 dan 9 lebih bersiap diri menjadi pribadi yang lebih mandiri dan bertanggung jawab, khususnya dalam hal belajar di masa Pandemi seperti sekarang ini.