MODERASI BERAGAMA DALAM PONDOK RAMADHAN DI MTSN 1 MALANG

Selasa, 04 Mei 2021 - 14:08 WIB
Diposting oleh: Administrator

MasanegaOfficial - Gondanglegi. Senin, 3 Mei 2021. Mulai pagi ini pondok Ramadhan di MTsN 1 Malang dilaksanakan. Kegiatan ini dilangsungkan secara tatap muka dengan tetap menjalankan protokoler kesehatan yang ketat saat Pandemi COVID 19. Peserta didik diwajibkan memakai masker, menjaga jarak di setiap kegiatannya, mencuci tangan saat masuk ke madrasah, dan tidak berjabat tangan,

Pondok Ramadhan tahun ini diikuti oleh seluruh peserta didik kelas 7 dan 8. Dengan Penjadwalan dalam satu hari sebanyak 5 kelas mulai tanggal 3 sampai 8 Mei 2021.

Rangkain kegiatan pondok Ramadhan diawali dengan pembayaran zakat fitrah oleh peserta didik, dilanjutkan dengan salat Duha di masjid MASANEGA. Bentuk antisipasi terhadap kerumunan saat mengambil air wudu, peserta didik dianjurkan berwudu sebelum berangkat ke madrasah. Barisan salat pun juga ditata berjarak dan peserta didik membawa sajadah sendiri. Setelah itu dilanjutkan dengan tadarrus al Quran.

Untuk menambah wawasan keagamaan disampaikan materi mengenai taharah, salat, puasa, dan zakat. Juga materi yang sangat dibutuhkan oleh generasi muda Islam saat ini, yaitu moderasi beragama. Sebagai benteng umat muslim yang bertoleransi, baik kepada sesama agama maupun berlainan agama.

Rangkaian kegiatan selanjutnya, yaitu salat Duhur, yang dilanjutkan dengan kuliah Ramadhan.

Pada hari terakhir pondok Ramadhan(8/5) panitia zakat fitrah direncanakan membagikan penghimpunan zakat fitrah kepada warga sekitar madrasah.

Sungguh sangat disyukuri pondok Ramadhan bisa dilakukan dengan tatap muka setelah pada tahun sebelumnya "terpaksa" dilakukan secara daring (dalam jaringan). Tentunya menjadi semangat tersendiri bagi keluarga besar MASANEGA di bulan Ramadhan kali ini untuk mengambil banyak hikmah kesempatan ini.