MTsN 1 MALANG GELAR MATSAMA VIRTUAL

Rabu, 14 Juli 2021 - 04:49 WIB
Diposting oleh: Administrator

MasanegaOfficial  - Gondanglegi. Senin, 12 Juli 2021. Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Malang menyambut peserta didik tahun ajaran baru 2021/2022 dengan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA). Sebanyak 955 peserta didik mengikuti kegiatan ini secara daring (dalam jaringan) dikarenakan masa PANDEMI Covid 19 di Indonesia, khususnya Kabupaten Malang, belum menunjukkan grafik penurunan.

Pembukaan MATSAMA dapat diikuti melalui kanal youtube MTsN 1 Malang (masanega.official) yang dijadwalkan mulai pukul 07.30 WIB. Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dilanjutkan dengan laporan ketua panitia MATSAMA, bapak Suliadi, S.Pd, yang juga menjabat sebagai Wakil Kepala Bidang Kesiswaan.

Disampaikan dalam laporannya, dalam rangka memperkenalkan madrasah baik mengenai sistem pembelajaran, ciri khas, karakter dan budaya yang ada di madrasah, maka perlu diadakan MATSAMA. MATSAMA juga turut kuci sukses pembelajaran pada masa selanjutnya. Oleh karena karena itu kegiatan MATSAMA didesain bersifat edukatif, mampu menumbuhkan kreatifitas dan inovasi, mencetak generasi yang cerdas berkhlakul karimah.

MTsN 1 Malang mengangkat tema MATSAMA tahun ini “Langitkan Mimpi, Bumikan Aksi, terus Berprestasi di Tengah Pandemi, dan Jiwai Diri dengan Akhlak Islami.”

Kegiatan MATSAMA dilaksanakan mulai Senin hingga Rabu (12 – 14 Juli) yang dilaksanakan secara virtual melalui akun youtube madrasah dan wajib diikuti oleh peserta didik kelas 7, 8, dan 9. Materi-materi yang disampaikan meliputi Sejarah Madrasah, Lingkungan Madrasah, Prestasi Madrasah, Moderasi Beragama, Madrasah Riset, Kegiatan Pembelajaran, Organisasi Kesiswaan, dan Tata Tertib Madrasah.

Kepala Madrasah, Drs. H. Nasrulloh, M.Pd.I, berpesan agar siswa tetap bersemangat dalam mengikuti kegiatan MATSAMA walaupun belum diijinkan tatap muka. Beliau menambahkan ciri khas madrasah adalah berjalannya prestasi dengan beriringannnya akhlak peserta didik. Karena dengan akhlak ini akan menentukan ke depan bangsa Indonesia dan dunia.

Dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta MATSAMA kepada perwakilan peserta didik sebagai tanda diresmikannya kegiatan pengenalan peserta didik dengan lingkungan madrasah.

Sebagai informasi, selama kegiatan MATSAMA seluruh peserta didik juga mempunyai tugas untuk me-resume dan mengerjakan tugas secara online. Dan peserta didik juga diminta untuk memakai seragam sebagai bentuk kedisiplinan.