UIN MALIKI MALANG JALIN KERJASAMA DENGAN MTsN 1 MALANG

Kamis, 12 Agustus 2021 - 00:54 WIB
Diposting oleh: Administrator

     MasanegaOfficial - Gondanglegi. Senin, 9 Agustus 2021. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang kembali menjalin kerjasama dengan MTsN 1 Malang. Tentunya sudah banyak bentuk kerjasama dalam rangka menumbuhkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia diantara kedua instansi. Pagi ini pukul 10.00 dimulai acara penyerahan mahasiswa praktikan di aula MASANEGA.

     Dihadiri secara langsung oleh Dosen Pembimbing Lapangan, Muhammad Karim, M. Pd. Kali ini UIN MALIKI mengirim 12 mahasiswanya untuk belajar menerapkan ilmu teori pembelajaran. Kesemua mahasiswa tersebut dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, yang terdiri dari jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Ilmu Sosial, Pendidikan Matematika, dan Pendidikan Agama Islam. Turut hadir pula Kepala MTsN 1 Malang, wakil kepala bagian Kurikulum, guru pamong, dan tim IT MASANEGA. Acara dikemas cukup singkat mengingat harus menerapkan protokoler kesehatan. Diawali dengan penyerahan oleh DPL kepada pihak madrasah.

     Dalam sambutannya beliau menyerahkan sepenuhnya para mahasiswa praktikan untuk diberi kesempatan seluas-luasnya untuk mengembangkan ilmu mereka. Diterima dengan tangan terbuka dan penuh bahagia oleh kepala madrasah, Drs. H. Nasrulloh, M. Pd.I. Beliau memberikan beberapa "wejangan" kepada para mahasiswa untuk lebih menghayati menjadi guru sesungguhnya. Menjadi guru bukan hanya bagaimana mentransfer ilmu kepada peserta didik, tetapi juga bagaimana menjadi sosok teladan yang patut dibanggakan oleh peserta didiknya. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa di MTsN 1 Malang direncanakan selama 40 hari. Selama itu mereka diharapkan totalitas untuk mengabdikan diri layaknya menjafi guru profesional. Juga mereka diberi kesempatan untuk mengenal lebih jauh kehidupan pendidikan di MASANEGA, mulai dari kantor administrasi hingga perpustakaan madrasah.