Program Unggulan

  • Program Kelas Bilingual

Kleas bilingual bertujuan untuk menyiapkan peserta didik berdasarkan kurikulum SNP (standar Nasional Pendidikan) dan Kurikulum International yang mengarah ke basis teknologi informasi, sehingga lulusannya memiliki kemampuan daya saing internasional.

Dalam era global sangat dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kualifikasi Global. Agar mamapu mewujudkan peserta didik yang berdaya saing global, pengeloalaan kelas Bilingual menjalin kerjasama dengan lembaga perguruan tinggi dunia yang memiliki kualifikasi yaitu Cambridge yang berpusat di Inggris. Disamping itu MTsN 1 Malang juga menjalin kersama dengan lembaga-lembaga lain di Indonesia

  • Program Kelas Bakat Istimewa

Kelas berbakat istimewa merupakan layanan pendidikan di MTsN 1 Malang bagi peserta didik yang memiliki kemampuan non akademik istimewa (talented), seperti bidang seni dan olahraga.

  • Program Kelas Olmpiade

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 5 ayat (4) menyatakan bahwa “warga negara yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa berhak memperoleh pendidikan khusus”. Peserta didik yang di kategorikan memiliki kecerdasan istimewa ditentukan oleh 3 hal yaitu :

  1. Kecerdasan berpikir very superior
  2. Memiliki komitmen terhadap tugas tinggi
  3. Kreativitas tinggi

Kelas Olimpiade, memiliki keunggulan untuk mempersiapkan peserta didik yang mampu berkomptensi dibidang akademik. Peserta didik dipersiapkan mengikuti lomba mata pelajaran seperti : Olimpiade, Kompetisi Sains Madrasah, maupun OSN.

Layanan di berikan sesuai kemampuan pada mata pelajaran yang di kuasai. Hal ini diharapkan peserta didik bisa lebih berprestasi dan potensinya dimaksimalkan.

  • Program Kelas Agama

Dalam memberikan pelayanan khusus kepada anak didik yang lebih fokus untuk keahlian membaca kitab kuning, tahfidul qur’an, olimpiade agama, sehingga akan menghasilkan generasi yang lebih unggul dibidang keagamaan

  • Pembentukan Karakter Islami, melalui beberapa kegiatan:
    1. Tanfidzul Qur’an
    2. Baca Alqur’an selama 15 menit setiap pagi hari
    3. Bimbingan membaca Al-Qur’an setiap Rabu
    4. Shalat Dhuha terjadwal dan pada saat istirahat
    5. Shalat Dhuhur Berjamaah
    6. Melaksanakan PHBI
    7. Membaca Asmaul Husna setiap pagi
    8. Diklat kepemimpinan
  • Pengembangan Enterpreneurship, berupa:
    1. Keterampilan komputer dan internet
    2. Keterampilan Sablon
    3. Prakarya
    4. Keterampilan Menjahit
    5. Broadcasting