PENGANUGERAHAN PRESTASI DALAM BINGKAI MAULID NABI DAN HARI SANTRI NASIONAL 2021

Selasa, 16 November 2021 - 01:26 WIB
Diposting oleh: Administrator

MasanegaOfficial - Gondanglegi. Jumat, 5 November 2021. Puncak kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H dan Hari Santri Nasional Tahun 2021 dihelat pagi tadi. Bertepatan dengan akhir bulan Rabiul Awal menjadikan peringatan ini terasa istimewa. Di samping terhitung sudah ketiga kalinya MASANEGA memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Peringatan Maulid Nabi yang pertama dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Munajat, Dzikir, dan Doa bersama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang pada Sabtu malam (9/10), peringatan kedua dilaksanakan pada Minggu Malam (31/10) bersama dengan santri Ma'had MASANEGA, dan ketiga kalinya pagi tadi.

Kegiatan puncak ini dirangkai dengan dua kegiatan lainnya, yaitu peringatan Hari Santri Nasional dan Penganugerahan bagi Guru dan Peserta Didik yang berprestasi. Dihadiri langsung oleh Kepala Kankemenag Kabupaten Malang, Dr. H. Musta'in, M.Ag dan para undangan. Guru, karyawan, jajaran komite, peserta didik berprestasi beserta para walinya, dan seluruh pelatih serta para undangan lainnya. Sedangkan para peserta didik di rumah bisa mengikuti kegiatan ini melalui live streaming.

Tepat pukul 07.30 acara dimulai. Diawali dengan pembacaan Maulid Diba yang dibawakan secara spesial oleh para guru MTsN 1 Malang. Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu "Syubbanul Wathan" untuk lebih meningkatkan rasa cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Rangkaian acara berikutnya yaitu penganugerahan guru dan peserta didik berprestasi. Dimulai dengan penganugerahan terhadap guru berprestasi di tingkat Internasional dalam ajang penelitian ilmiah dengan predikat Gold Medal (Medali Emas).

Disusul oleh berbagai prestasi peserta didik mulai dari tingkat regional Jawa Timur, Nasional, hingga Internasional. Dari prestasi-prestasi yang diraih mereka dihadiahkan bukan hanya uang pembinaan, melainkan juga beasiswa dengan kisaran bervariasi sesuai dengan tingkat prestasinya.

Bapak Kepala Kankemenag memberikan apresiasi terhadap keluarga besar MTsN 1 Malang yang konsisten di jalur prestasi dan memberikan penghormatan kepada madrasah ini yang peduli terhadap para peraih prestasi. Bahkan beliau memberikan statement bahwa MTsN 1 Malang adalah satu-satunya madrasah yang "berani" memberikan beasiswa kepada seluruh peserta didiknya yang berprestasi.

Sebelum kegiatan puncak ini, peringatan Maulid Nabi diperingati  tanggal 12 Rabiul Awal atau tanggal 10 Oktober 2021 pagi hari sebelum memulai pelajaran. Dan dilanjutkan dengan penyampaian materi yang bisa anak-anak akses di aplikasi TEAMs maupun kanal Youtube. Juga Peringatan Hari Santri Nasional diperingati tepat tanggal 22 Oktober 2021 dengan mengikutinya melaui streaming Youtube tentang sejarah perjuangan santri mempertahankan kemerdekaan. Berbagai lomba juga diadakan untuk lebih menyemarakkan masing-masing kegiatan tersebut.