MTsN 1 MALANG AJAK SELURUH SISWANYA ZIARAH WALI

MasanegaOfficial – Gondanglegi. Senin, 14 Oktober 2024. MTsN 1 Malang mengajak peserta didik kelas 7 untuk mengadakan kegiatan Wisata Religi Sabtu kemarin (12/10). Kegiatan Outing Class yang merupakan kegiatan belajar mengajar yang diadakan di luar kelas tiap tahun sekali. Dimana, kegiatan ini terbukti menjadi salah satu media yang paling efektif dan efisien dalam menyampaikan pembelajaran. Bukan hanya didasarkan dari teori saja, melainkan juga pembuktian di lapangan secara langsung.

Dalam kegiatan ini, peserta didik mempraktikkan pembelajaran integrasi dan kolaboratif dengan berbagai pengalaman belajar. Diantaranya praktik salat Jamak Qashar, adab Ziarah Kubur, mengenal tokoh-tokoh Wali Songo, dan juga pembelajaran afektif, seperti menghargai dan menghayati agama, kejujuran, toleransi, sopan dan santun, percaya diri,

kedisiplinan, tanggung jawab, kerjasama, dan lain-lain.

Dari MTsN 1 Malang berangkat pukul 06.00 dengan tujuan pertama, yaitu berziarah ke makam Sunan Drajat di Lamongan. Dilanjutkan ke WBL (Wisata Bahari Lamongan) hingga pukul 15.00.

Rombongan kemudian berangkat berziarah ke Makam Sunan Asmorokondi. Beliau merupakan bapaknya Sunan Ampel. Ia juga merupakan kakek dari Sunan Bonang dan Drajat. Disini bersama-sama melaksanakan salat Jamak Qashar Ta’khir Duhur dan Asar. Kemudian berlanjut ke Makam Sunan Bonang. Sebelum ke makam, terlebih dahulu melaksanakan salat Maghrib dan Isyak secara jamak Qashar di masjid Agung, Tuban.

Setelah berziarah, perjalanan diteruskan ke Makam Sunan Ampel, Surabaya. Tiba sekitar pukul 23.30 tak menyurutkan semangat peserta untuk berziarah biarpun suasana ramai di akhir pekan. Kemudian bertolak pulang ke madrasah pukul 01.00 dini hari dan sampai seluruh rombongan sekitar pukul 03.00.

Diharapkan dengan kegiatan ini, peserta didik mampu dapat memahami materi dengan lebih mudah dengan melalui pendekatan di alam dan melihat realita sesungguhnya, Karena hal-hal tersebutlah yang merupakan tujuan utama diadakannya kegiatan Outing Class yang dikemas dalam Karya Wisata Religi ini.