MTsN 1 MALANG SUKSES GELAR PEKAN RAYA KULINER NUSANTARA DAN PERMAINAN TRADISIONAL

MasanegaOfficial – Gondanglegi. Jumat, 14 Juni 2024. Kemarin MTsN 1 Malang menggelar Pekan Raya Kuliner Nusantara dan Permainan Tradisional.  Kegiatan ini sebagai rangkaian Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatal Lil Alamin (P5RLA) dengan tema kearifan lokal.  Seluruh peserta didik, tenaga pendidik dan kependidikan mengenakan baju lurik lengkap dengan blangkon atau pun udeng untuk putra dan jarik untuk putri.

Kegiatan ini berlangsung di halaman MTsN 1 Malang yang diawali dengan penampilan lagu-lagu Jawa dari guru dan siswa. Dilanjutkan dengan upacara pembukaan oleh Wakil Kepala bidang Kesiswaan, Bapak Nanang Sholihudin.

Dalam sambutan yang menggunakan Bahasa Jawa beliau menyampaikan beberapa poin penting. Diantaranya perlunya melestarikan budaya daerah, kearifan lokal daerah masing-masing. Bukan hanya dalam hal kuliner, permainan tradisional, melainkan juga adab kesopanan sebagai bangsa yang menjunjung adat ketimuran. Saling menghargai kepada teman sebaya, menghormati kepada yang lebih tua, menggunakan bahasa yang baik dalam berkomunikasi (Bahasa Jawa Kromo Alus), dan berlaku sopan ketika bertemu dengan siapapun.

Kemudian acara dilanjutkan dengan lomba-lomba tradisional. Diantaranya lomba penyajian jajanan khas daerah berbahan dasar serealia, umbi, dan kacang-kacangan, serta berbagai lomba permainan tradisional: Bitingan, Engklek, Dakon, dan Bekelan.

Kegiatan P5RLA yang sudah berlangsung untuk ketiga kalinya ini sukses diselenggarakan dan mendapatkan banyak apresiapasi dari seluruh warga madrasah. Terlihat dari antusias anak-anak dalam mengikuti kegiatan lomba. Kemasan bazar kue tradisional yang dibalut dengan cita rasa kekinian diserbu habis oleh pengunjung di tiap-tiap stand. Juga permainan tradisional antar kelas menjadi kompetisi baru di tengah maraknya permainan gadget menarik perhatian para penonton di masing-masing venue pertandingan.