KEPALA KANTOR KEMENAG KABUPATEN MALANG BUKA MATSAMA MTsN 1 MALANG

MasanegaOfficial – Gondanglegi. Senin, 15 Juli 2024. MTsN 1 Malang mengawali pembelajaran tahun ajaran baru ini dengan mengadakan apel pembukaan MATSAMA (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah). Dibuka secara langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang, Drs. H. Sahid, M.M.

MATSAMA tahun ini mengusung tema TARUNA AKSAMALA, yaitu remaja aktif, santun, amanah, berakhlakuk karimah. Harapannya agar karakter-karakter tersebut diharapkan tertanam dalam diri peserta didik sejak awal tahun pembelajaran.

Kegiatan ini dijadwalkan mulai tanggal 15 s.d. 18 Juli 2024 dengan diisi berbagai kegiatan dan penyampaian materi. Diantaranya penyampaian sejarah MTsN 1 Malang, Moderasi Beragama, Madrasah Ramah Anak, Bijak Bermedsos, Anti Bullying, LBB. Dan kegiatan MATSAMA akan ditutup dengan Talent Hunt, yaitu penampilan dari seluruh ekstrakurikuler di MTsN 1 Malang dengan harapan peserta didik baru bisa menyalurkan bakat mereka dan melanjutkan estafet prestasi.

Untuk pertama kalinya kegiatan Latihan Baris Berbaris dalam MATSAMA di MTsN 1 Malang akan dilaksanakan langsung di markas besar Batalyon Zoni Tempur (Yon Zipur), dekat dengan Stadion Kanjuruhan, Kepanjen. Direncanakan akan diikuti oleh peserta didik kelas 8 dan 9. Hal ini dicoba di samping untuk memperkenalkan kedisiplinan di lingkungan militer, juga peserta didik agar lebih bersungguh-sungguh dalam latihan baris berbaris. Dan ini juga diproyeksikan untuk kegiatan lomba yang biasa dilaksanakan di bulan Agustus. Sedangkan bagi peserta didik kelas 7 latihan baris berbaris tetap dilaksanakan di madrasah.

Dalam sambutan, Bapak Sahid menyampaikan tujuan MATSAMA yang dikutip dari Direktur KSKK Kementerian Agama RI. Diantaranya mengenalkan kepada peserta didik baru tentang lingkungan belajar, menumbuhkan kebanggaan kepada peserta didik baru tentang madrasah. mengenalkan tentang moderasi beragama, antibullying, dan pelecehan seksual.

Beliau juga mengajak kepada seluruh peserta MATSAMA untuk menjadikan madrasah ini, madrasahku surgaku sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah rumahku surgaku,

Dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta oleh Bapak Sahid didampingi Kepala Madrasah, Nasrulloh, kepada perwakilan kelas 7 sebagai tanda bahwa MATSAMA di MTsN 1 Malang secara resmi dimulai.