PERINGATI HARI SANTRI NASIONAL 2024, MTsN 1 MALANG GELAR APEL

MasanegaOfficial – Gondanglegi. Selasa, 22 Oktober 2024. Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2024, MTsN 1 Malang menggelar apel. Apel berlangsung dengan khidmat yang digelar di halaman madrasah dan diikuti oleh keluarga besar MTsN 1 Malang.

Dalam apel tersebut dibacakan naskah Resolusi Jihad dan dilanjutkan dengan pengikraran Ikrar Santri oleh seluruh peserta apel. Kemudian dibacakan sambutan Menteri Agama oleh Kepala Madrasah, Bapak Drs. H. Nasrulloh, M.Pd.I.

Dalam sambutannya beliau sedikit mencuplik sejarah munculnya Resolusi Jihad yang dilakukan oleh para santri dalam mempertahankan kemerdekaan saat itu. Kemudian beliau menyampaikan tema Hari Santri Nasional tahun 2024, yaitu “Menyambung Juang, Merengkuh Masa Depan”. Tema tersebut diambil dari bait dalam kitab Alfiyyah Ibnu Malik yang menjelaskan bahwa “Seorang santri mempunyai tugas untuk melanjutkan perjuangan kiai, ketika sang kiai wafat.”

Menyambung juang bukan hanya berarti mengenang, tetapi juga beraksi dengan semangat yang sama dalam menghadapi tantangan zaman modern. Jika para pendahulu berjuang melawan penjajah dengan angkat senjata, maka santri saat ini berjuang melawan kebodohan dan kemunduran dengan angkat pena.

Jika para pendahulu telah mewariskan nilai-nilai luhur untuk bangsa, maka santri masa kini bertanggung jawab untuk tidak sekadar menjaganya, melainkan juga berkontribusi dalam membangun masa depan masyarakat yang lebih baik.

Setelah membacakan sambutan dari Menteri Agama, Bapak Nasrulloh mengajak kepada seluruh peserta untuk mengisi kemerdekaan dengan sebaik-baiknya. Juga, beliau memotivasi para peserta didik menjadi calon-calon pemimpin di masa yang akan datang. Karena sudah banyak dari kalangan santri pernah menduduki jabatan tinggi di pemerintahan Indonesia.

Dengan peringatan Hari Santri tahun 2024 diharapkan dapat memperkuat identitas dan semangat santri dalam menghadapi tantangan masa depan.