MTsN 1 Malang Teguhkan Komitmen Wujudkan Madrasah Ramah Anak

MasanegaOfficial – Gondanglegi. Senin, 29 September 2025. MTsN 1 Malang menyelenggarakan pelatihan Penguatan Kompetensi Tenaga Pendidik dan Kependidikan dalam Implementasi Konvensi Hak Anak (KHA) untuk Mewujudkan Madrasah Ramah Anak, pada Senin (29/9). Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 12.30 WIB di aula madrasah dan diikuti oleh seluruh pendidik serta tenaga kependidikan MTsN 1 Malang.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne Madrasah, dan Mars Madrasah. Selanjutnya, Kepala Madrasah, Drs. H. Nasrulloh, M.Pd.I, memberikan sambutan. Dalam arahannya beliau menekankan pentingnya ketulusan hati dan kejernihan pikiran dalam menciptakan lingkungan belajar yang ramah anak.

“Hati yang jernih, pikiran yang jernih maka akan mudah mewujudkan Madrasah Ramah Anak. Fokus segalanya untuk anak-anak. Pembelajaran tidak hanya dari segi akal, tapi juga dari hati,” tegasnya.

Materi utama disampaikan oleh Dr. Hj. Siti Munawaroh, S.Psi., M.Pd., Ketua Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Berbagi Nasional. Beliau menjelaskan empat hak utama anak yang harus dijunjung tinggi, yakni hak kelangsungan hidup, hak tumbuh kembang, hak perlindungan, dan hak partisipasi.

Lebih lanjut, beliau menekankan pentingnya sinergi tiga pilar utama dalam mewujudkan Madrasah Ramah Anak (MRA), yaitu madrasah, orang tua, dan anak.

“Mari kita berkomitmen untuk menyamakan visi dan persepsi dalam membentuk madrasah ramah anak,” ajaknya.

Suasana pelatihan berlangsung interaktif. Para peserta aktif mengajukan pertanyaan, berbagi pengalaman, hingga menyampaikan berbagai kendala yang dihadapi sehari-hari dalam bentuk sesi curhat kepada pemateri. Setiap permasalahan yang disampaikan ditanggapi dengan solusi dan arahan praktis sehingga kegiatan terasa hidup dan bermakna.

Melalui kegiatan ini, MTsN 1 Malang berharap seluruh tenaga pendidik dan kependidikan semakin memahami perannya dalam mendukung tumbuh kembang peserta didik secara optimal, baik dari sisi akademik maupun non-akademik, serta menjadikan madrasah sebagai lingkungan yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi anak-anak.