MEDALI EMAS MYRES NASIONAL PULANG BERSAMA KONTINGEN MASANEGA

MasanegaOfficial ,Gondanglegi. Kembali, MTsN menorehkan prestasi di ajang Karya Ilmiah Remaja tingkat Nasional. Dua siswa sekaligus peneliti muda MTsN 1 Malang ini berhasil menjadi juara 1 Madrasah Young Researchers (MYRES) bidang Matematika, Sains, dan Teknologi (MST) Tahun 2021. Mereka ialah Qonita Hafidzoh Azzahra dan Nur Fatihah Ainiyah yang tergabung dalam tim Antikanker dari Ekstrak Teripang.

Prestasi ini seakan menjadi puncak dari perolehan prestasi pada tahun-tahun sebelumnya. Dimuali empat tahun yang lalu (2018), tim KIR MASANEGA berhasil menjadi Finalis. Tahun berikutnya (2019) beranjak mendapatkan juara 3 (medali perak) dengan tiga kategori. Di tahun 2020 kemarin berhasil meraih medali perak, dan pada tahun ini (2021) berhasil memperoleh prestasi tertinggi, yakni medali emas.

Perjuangan yang sungguh melelahkan dan cukup menantang. Dari sejumlah 7700 proposal pendaftar, MTsN 1 Malang berhasil meloloskan 3 proposal di babak 50 besar. Lalu, berhasil meloloskan 1 tim di babak 15 besar, yakni tim Antikanker dari ekstrak teripang.

Selanjutnya, dilakukan penelitian di bulan September hingga Oktober 2021. Kemudian, di 5 November, mereka diharuskan mempresentasikan hasil yang telah dicapai di hadapan 3 juri untuk disaring menjadi 6 besar dan melaju ke babak Grand Final. Puncaknya, Tim Antikanker berhasil memperebutkan juara 1 bidang MST MYRES 2021.

“Alhamdulillah, tim MYRES kita terus meningkat prestasinya dari tahun ke tahun. Semoga prestasi yang akan datang terus lebih meningkat lagi. Apalagi sudah banyak yang menawarkan pada anak-anak ini untuk masuk sekolah ke tingkat selanjutnya lewat jalur khusus,” ujarnya

Diketahui, Grand Final MYRES ini berlangsung pasa 4 – 6 Desember 2021 di Hotel Shangri-La Surabaya. Rangkaian kegiatannya, dikemas dalam bentuk pameran atau expo yang dilanjutkan dengan penilaian juri. Setelah penilaian juri dilakukan, pameran dibuka untuk umum dengan masing-masing peserta mengenakan pakaian khas daerahnya.

Turut hadir dalam Grand Final ini diantaranya Direktorat KSKK Madrasah Kemenag RI Prof. Dr. H. Moh. Isom, M.Ag; Dirjen Pendis Kemenag RI Prof. Dr. H Muhammad Ali Ramdhani, S.TP, M.T,; Kakanwil Provinsi seluruh Indonesia; Jajaran Pimpinan Kemenag; juri dari berbagai bidang serta 36 Tim Yang berasal dari Sabang sampai Merauke

Ajang MYRES ini terdiri dari berbagaibidang yang dilombakan. Yakni Matematika, Sains, dan Teknologi (MST), Ilmu Sosial dan Humaniora (ISH), dan Ilmu Keagamaan Islam (IKI).

“Saya ucapkan terimakasih sudah membawa nama baik kabupaten malang di kancah nasional. Apalagi sejak 2 tahun lalu, MTsN ini sudah ditetapkan oleh Kemenag Nasional untuk menjadi madrasah Riset. Dan tim dari sekolah ini sudah membuktikan yang terbaik,” ujar Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Malang, Dr Mustain, M.Ag menanggapi prestasi tersebut.

Tantangan tahun berikutnya menjadi waktu bagi peserta didik lainnya, baik dari kelas 7 maupun kelas 8.

Agenda Terbaru


© 2022 - MTSN 1 Malang