MTsN 1 MALANG UJIKAN 81 PENGHAFAL AL QURAN

Masanegaofficial – Gondanglegi. Sabtu, 14 Januari 2023. Pagi tadi peserta didik Program Kelas Agama melaksanakan Ujian Tahfidz. Kegiatan ini berlangsung di dua ruang, yakni Laboratorium Agama dan Auditorium ┬áMTsN 1 Malang. Peserta ujian berasal dari program Kelas Agama terdiri dari kelas 7 (25 peserta), kelas 8 (27 peserta), dan kelas 9 (31).Sehingga total peserta berjumlah 83 peserta.

Sebagai bentuk persiapan ujian, para peserta didik diwajibkan untuk menyelesaikan juz yang mereka hafal dan direkomendasikan oleh penanggungjawab program Tahfidz. Dan pada ujian kali ini lebih dari separuh peserta didik telah melampui targe 1 juz per semesternya.

Bahkan dari peserta ada yang sudah mampu menghafal 18 juz, atas nama Nabila Nazeer. Juga dari kelas 7 sudah mengujikan 6 juz atas nama Rafi. Tentu saja ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi madrasah di tengah-tengah kepadatan kegiatan madrasah masih bisa istiqomah menghafalkan al Quran.

Penguji diampu langsung oleh Ustadz Bagus, sebagai Mursyid Tahfidz MTsN 1 Malang. Dan didampingi oleh Ustadz Alan, Ustadzah Lidia, serta Ustadzah Amalia selalu pembina program Tahfidz.

Setelah ujian dilaksanakan, Ustadz Bagus berpesan untuk jangan mengurangi apa yang telah diperolehnya selama ini dengan selalu mengulangi hafalannya. Dengan memilih tempat yang tepat untuk jenjang berikutnya menjadi salah satu cara menjaga hafalan, walaupun mungkin di tempat tersebut tidak secara khusus ada program tahfidznya. Setidaknya di waktu-waktu senggang bisa dilakukan.

Sebagai informasi, ujian Tahfidz ini rutin dilaksanakan tiap akhir semester. Bagi peserta didik kelas 9 dijadwalkan setelah ujian-ujian madrasah rampung, mereka akan diuji kembali sebelum acara Muwaddaah program Kelas Agama nanti.